Sikap Suka Berbelanja Dan Hidup Boros Disebut

Setelah itu, rutinlah mencatat berapa pengeluaran harian beserta keterangannya. Buat pasangan mengerti bahwa kebiasaan buruk yang satu ini dapat menjerumuskannya di masa mendatang bila tidak segera diubah sejak dini. Pertimbangkan cara yang akan Anda lakukan untuk mengoreksi kekurangan pasangan yang boros ini.

Anda juga bisa tahu di mana pengeluaran yang kurang perlu dan bisa dialokasikan untuk tabungan. Nantinya, uang tabungan ini bisa dialokasikan untuk hal lain seperti melunasi utang , atau digunakan untuk membiayai dana darurat suatu saat nanti. Masih ada kaitan dengan poin yang sebelumnya, konsep minimalis pun mengharuskan Anda untuk mengutamakan kebutuhan dan bukan keinginan ketika akan membeli barang baru. Tanyakan pada diri sendiri, “Apakah barang yang hendak dibeli ini benar-benar memiliki nilai guna?” Jika jawabannya ya, teliti kembali apa kegunaan dari barang tersebut. Misalnya, mengurangi belanja pakaian, sepatu, atau keluar malam untuk makan, dengan begitu agar membantu menghemat uang. Setiap akan mengeluarkan rupiah untuk membeli sesuatu, ajukan pertanyaan pada diri Anda, “Apakah benda ini benar-benar dibutuhkan?

Tradisi potluck bisa dilakukan sebagai selingan bila sedang bosan bawa bekal makanan ke kantor. Selain mendukung gaya hidup hemat di kantor, potluck juga dapat mengakrabkan hubungan antar rekan kerja dan membuat makan siang jadi lebih menggugah selera. Siapa saja toko atau service provider yang bekerjasama dengan i-saku?

Alasan terbesar mengapa seseorang bisa sangat boros biasanya karena tidak memiliki anggaran pengeluaran dan pemasukan yang rinci. Akibatnya, ia jadi kurang mempertimbangkan jumlah pengeluaran yang sesuai dengan pemasukannya. Untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini, Anda harus mempersiapkan diri dengan memiliki asuransi. Saat ini ada banyak jenis asuransi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dalam hal ini, Anda bisa fokus pada aset yang menurut Anda paling penting. Dengan melakukannya, Anda bisa menabung lebih banyak dan mencapai tujuan keuangan lebih cepat.

mengurangi gaya hidup boros

Di sana kamu bisa jadwalkan investasimu setiap bulannya, gak perlu takut, karena uangmu bisa langsung dialokasikan sesuai profil risikomu. Jadi, tiap bulan kamu belanja reksadana aja, daripada belanja sesuatu yang belum kamu butuhkan. Agar gaya hidup konsumtif dapat dihilangkan, kamu harus memegang prinsip “mahal tak selalu berkualitas, dan murah tak selalu murahan” ketika membeli suatu barang. Beli barang berdasarkan fungsi akan lebih bijak dibandingkan berdasarkan merek hanya untuk menunjang gengsi.

Alhasil jerih payah mencari uang tidak semudah menghabiskannya. Gaya hidup minimalis ini juga bisa diterapkan dalam menyusun rencana keuangan, lho. Tanpa disadari, perilaku tersebut akan menjadi kebiasaan bahkan mengendap membentuk karakter yang sulit untuk diubah apalagi dihilangkan.

This entry was posted in Aplikasi Peduli Lindungi. Bookmark the permalink.