Selain Sukses, Ini 5 Manfaat Menabung Sejak Usia Dini

Setelah ia mengumpulkan sendiri uang untuk membeli sesuatu, nantinya anak akan memikirkan ulang apakah keinginan tersebut penting untuk dipenuhi atau tidak. Pasalnya, anak akan mengetahui jerih payah mengumpulkan uang dan menjadi bijak dalam menggunakan uang apabila sudah memiliki tabungan. Jadilah contoh yang baik, bantu anak menetapkan tujuan dan rencana, dorong anak menyisihkan uang jajannya untuk ditabung. Meskipun sudah menentukan goal umur untuk pensiun, tapi jika kamu tidak berkomitmen untuk menabung tentunya dana pensiun tidak akan pernah didapatkan. Apabila kamu ingin memiliki dana pensiun yang bisa digunakan untuk menikmati hari tua, sebaiknya mulai ubah gaya hidup. Pengeluaran tiap bulannya harus selalu dikontrol agar tidak melampaui batas anggaran.

Penting untuk kita sama-sama mengerti perbedaan dari menabung dan berinvestasi. Walaupun kedua nya memiliki kesamaan yaitu menyimpan uang, namun menabung dan berinvestasi merupakan dua hal yang berbeda. Selain itu, menabung biasanya adalah untuk jangka pendek sedangkan berinvestasi adalah untuk jangka yang lebih panjang. Dari faktor imbal hasil dan risiko, menabung memiliki risiko dan imbal hasil yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan berinvestasi, high risk high return. Ketika pengeluaran yang sama dilakukan lagi, CommBank Mobile secara otomatis mengatur kategori tersebut yang dapat membantu nasabah melihat kembali kemana larinya pengeluaran-pengeluaran dananya. Nasabah juga dengan mudah mengatur anggaran pengeluaran bulanan untuk kategori-kategori tersebut untuk membantu mengingatkan mereka.

Hal tersebut dikarenakan aset investasi Anda dapat menghasilkan uang sendiri sehingga keuntungannya akan terkumpul dan dapat Anda nikmati. Selain itu, melansir Kontan.co.id, menabung juga dapat membuatmu lebih mudah mengatur dan menentukan sesuatu yang prioritas dan bukan prioritas. Grid.ID – Kita sering mendengar bahwa menabung dan berinvestasi sebaiknya dimulai sedini mungkin. Dengan cara tersebut, secara tidak langsung, bisa berharap jika nantinya anak akan tumbuh memiliki motivasi menabung untuk masa depannya kelak. Manfaat menabung untuk anak sejak dini berikutnya adalah bertujuan untuk mengajarkan bagaimana anak, kelak dapat memberikan keputusan yang paling bijak.

Dengan begitu, uang yang Anda tabung bisa menghasilkan lebih banyak harta. Meski Anda baru mulai bekerja, dan masih berumur 20 tahun ke atas, tak ada kata terlalu cepat untuk menabung sebelum pensiun. Walaupun jumlahnya hanya sedikit, tapi seiring berjalannya waktu, jumlahnya akan terus melimpah. Simpanlah tabungan masa tua di bank yang berbeda untuk masa tua Anda.

Jika anak mengerti bahwa konsep dibalik menabung adalah karena uang didapat susah payah, maka anak pun akan lebih menghargai uang dengan tidak sembarangan menghamburkannya. Penting untuk memiliki tabungan sejak dini karena ini bisa menjadi pemasukan lebih untuk kamu. Tentunya ini kesempatan yang baik untuk menambahkan uang yang kamu miliki, sehingga akan semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan kedepannya karena waktu menabung lebih panjang.

Pentingnya menabung

Tak perlu jauh-jauh, sejak kecil orangtua kita sudah mengajarkan untuk menyisihkan uang jajan untuk ditabung ke celengan. Bukan cuma itu, di sekolah pun guru mewajibkan siswa-siswinya untuk rutin menabung dan dicatat di buku tabungan. Misalnya untuk pengeluaran harian, investasi, dana pensiun, dan tabungan pendidikan anak.

Senada dengan bupati, Kepala OJK Tegal, Ludy Arlianto, mengatakan GIM dimaksudkan untuk terus mengedukasi masyarakat agar lebih hemat dan membudayakan menabung melalui lembaga jasa keuangan/perbankan. “Tetapi kalau berani mengambil risiko, tujuan investasinya jangka panjang maka instrumen berbasis saham bisa dijadikan pilihan,” tambahnya. “Kita harus punya tujuan dulu. Ibarat masuk tol, kalau tidak punya tujuan akan tersesat. Setelah tahu tujuannya maka sisihkan penghasilan tersebut secara disiplin setiap bulan,” tukasnya.

This entry was posted in Aplikasi Peduli Lindungi. Bookmark the permalink.