Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi

Pelaksanaan kegiatan Pengawasan dilaksanakan selama 15 hari kerja mulai tanggal three Maret sampai dengan 24 Maret 2021 dengan melibatkan 1 tim yang terdiri dari 5 orang. Selain itu, vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh CanSino Biologics/Beijing Institute of Biotehcnology/Petrovax digunakan untuk militer di China. Sedangkan, vaksin Covid-19 buatan Wuhan Institute of Biological Products/Sinopharm mendapatkan izin “emergency use” di China dan Uni Emirat Arab. Vaksin Covid-19 buatan Sinovac/Instituto Butantan/Bio Farma telah mendapatkan izin “emergency use” di China.

Selanjutnya, akan ditentukan daerah prioritas yang akan mendapatkan vaksin dengan mempertimbangkan jumlah kasus positif, jumlah penduduk, luas wilayah, dan aspek lain. Izin yang diberikan oleh BPOM bisa berupa izin edar maupun emergency use authorization . EUA merupakan suatu mekanisme registrasi khusus untuk obat dan vaksin pada kondisi darurat seperti pandemi Covid-19 yang mengacu pada pedoman yang ditetapkan oleh WHO. Dengan pemberian EUA berarti industri farmasi bertanggung jawab terhadap mutu vaksin, mulai dari bahan baku, pembuatan, pelulusan batch vaksin, hingga peredaran dan penggunaan pada pasien. Di Indonesia, BPOM menjadi institusi yang bertanggung jawab terhadap peredaran vaksin. BPOM memiliki standar dalam pemberian izin penggunaan vaksin, yakni harus melalui proses uji klinik atau uji kepada manusia untuk membuktikan khasiat dan keamanannya.

Pada tahap uji klinis fase I, vaksin disuntikkan ke beberapa sukarelawan yang umumnya adalah orang dewasa dengan kondisi sehat. Jika dinyatakan aman dan efektif, vaksin tersebut dapat memasuki uji klinis fase II. Tahap pertama program vaksinasi COVID-19 akan dilakukan mulai Januari hingga April 2021. Sedangkan tahap kedua dijadwalkan bakal diterapkan mulai Maret 2021 sampai dengan Maret 2022 tahun depan. Adapun jumlah sasaran yang menjadi goal program vaksinasi ini adalah 181,5 juta penduduk Indonesia. Adapun pelaksanaan vaksinasi massal di Kecamatan Kao ditujukkan bagi pelayan dan petugas publik, petugas medis, petani, hingga pedagang.

Tanggung jawab distribusi yang diemban Bio Farma dilakukan hingga Dinas Kesehatan Provinsi. Dari tempat penyimpanan di tiap provinsi, vaksin akan diedarkan kepada fasilitas yang akan menjalankan program vaksinasi, yakni RS pemerintah, RS swasta, serta Puskesmas. Walaupun demikian, jumlah ini baru mencapai 10% dari whole sasaran vaksinasi di Indonesia yang mencapai 208 juta. Berbagai persoalan tersebut, mulai dari distribusi vaksin hingga kesiapan logistik di puskesmas, harus diatasi untuk memastikan vaksinasi corona merata di seluruh Indonesia. Dengan demikian, target herd immunity yang dibuat oleh pemerintah dapat dicapai dengan lebih cepat.

Sementara itu, sukarelawan di Turki adalah tenaga kesehatan dan masyarakat umum. [newline]Sedangkan, di Indonesia, seluruh sukarelawan adalah masyarakat umum yang risiko tertularnya relatif rendah dibandingkan tenaga kesehatan. Efikasi vaksin pun terukur lebih rendah dibandingkan dengan sukarelawan yang berasal dari kelompok tenaga kesehatan, seperti di Brasil dan Turki. Jika kelompok plasebo disiplin menerapkan protokol kesehatan, penurunan kasus Covid-19 antara kelompok yang divaksin dan kelompok plasebo tidak akan berbeda jauh. Kelompok prioritas penerima vaksin adalah penduduk yang berdomisili di Indonesia yang berusia ≥ 18 tahun.

Hingga saat ini Uji Klinis tajap three berjalan lancar dan belum ada dilaporkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi serius akibat pemberian suntikan calon vaksin Covid-19. Brazil merupakan salah satu negara yang juga akan membeli vaksin Covid-19 dari Sinovac. Mengenai harga vaksin di Brazil, yang keluar di media massa beberapa hari terakhir, dengan harga USD1.96 per dosis, sudah dibantah oleh pihak Sinovac, melalui surat resmi yang dikirimkan ke Bio Farma. “Jumlah ini meningkat setelah ditambahkan kelompok anak berusia tahun, dan saat sekarang 718 ribu anak telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. “Warga masyarakat tidak perlu ragu atau khawatir untuk menerima vaksin,” terang Menko Perekonomian.

Selanjutnya, vaksinasi Covid-19 tahap dua diberikan kepada petugas layanan publik dan orang lanjut usia di atas 60 tahun. Petugas layanan publik yang dimaksud yakni damkar, BPBD, BUMN, BUMD, BPJS, kepala atau perangkat desa. Namun demikian, menurutnya, untuk mencapai target herd immunity dibutuhkan kerja sama semua pihak. Pemerintah mengajak seluruh elemen, baik swasta, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, maupun lembaga lainnya untuk bahu-membahu mempercepat vaksinasi. Dengan demikian, sudah sejumlah 91 juta dosis yang sudah tiba di tanah air untuk diproduksi menjadi vaksin Covid-19. Selain itu, dia menjamin bahwa vaksin yang disediakan oleh pemerintah telah teruji keamanan, efikasi hingga mutunya.

Airlangga menyebut bahwa vaksinasi Covid-19 adalah sebuah langkah krusial untuk menentukan kesuksesan upaya bersama keluar dari pandemi ini. Untuk itu, pemerintah selalu memastikan keamanan, kualitas, dan khasiat untuk seluruh jenis vaksin yang diperoleh. Hal ini untuk memastikan vaksinasi akan mampu mencapai kekebalan komunal, sehingga sekitar 208 juta penduduk Indonesia yang perlu divaksin. Jakarta, CNBC Indonesia -Kementerian Kesehatan berkomitmen mengamankan 426,eight juta dosis vaksin Covid-19 untuk seluruh penduduk Indonesia. Pengadaan vaksin ini dilakukan dari berbagai upaya, baik bekerja sama dengan negara lain maupun pengadaan dari dalam negeri.

Ini merupakan kedatangan vaksin yang ke-30 dari keseluruhan vaksin yang didatangkan oleh pemerintah. Selanjutnya, untuk tahap kedua vaksinasi akan diperuntukkan bagi sixty three,9 juta masyarakat rentan dan seventy seven,four juta masyarakat lainnya yang diberikan sesuai pendekatan kluster. Tahap kedua ini rencananya akan dilakukan mulai April 2021 hingga Maret 2022 mendatang. Sebanyak 7,1% puskesmas juga tidak memiliki kulkas yang dilengkapi dengan alat pemantau suhu.

“Karenanya pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Termasuk dengan memastikan stok vaksin tersedia,” katanya. Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 84 tahun 2020 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19. Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 ini mengatur pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Terakhir, penerima vaksin diminta menunggu selama 30 menit untuk melihat kemungkinan gejala yang timbul setelah mendapatkan vaksin. Selanjutnya, penerima vaksin akan mendapatkan kartu sebagai bukti telah menerima vaksin. Penyuntikan vaksin kedua akan dilakukan setelah 14 hari dari penyuntikan vaksin yang pertama.

This entry was posted in Aplikasi Peduli Lindungi. Bookmark the permalink.