Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Menabung Di Financial Institution

Hal ini disesuaikan dengan fitur atau fasilitas yang disediakan untuk produk tabungan tersebut. Semakin lengkap fasilitas yang disediakan, biaya administrasi yang dibebankan semakin besar. Bahkan ada beberapa jenis produk tabungan yang bebas biaya administrasi, seperti TabunganKu yang merupakan program dari Bank Indonesia untuk dilaksanakan oleh seluruh bank umum baik konvensional maupun syariah. Selain aman dari segi penyimpanan uang, menabung di bank juga merupakan bentuk investasi yang aman.

Selain itu banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu rasakan jika menabung di financial institution, yaitu kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menang undian. Semakin kamu rajin menabung di financial institution, maka kamu akan mendapatkan kesempatan besar untuk memenangkan undian. Hadiahnya pun tak tanggung-tanggung, karena biasanya menghadiahkan kendaraan berupa motor hingga mobil dan uang hingga ratusan juta sampai milyaran rupiah. Jadi keuntungan di bank ini bisa menjadi salah satu motivasi kamu untuk semakin meningkatkan tabungan di bank. Namun apa daya, masyarakat kita tak banyak yang tahu, meski ada bunga tabungan, uang kita sebenarnya menyusut. Banyak dari kita hanya sadar sebatas sadar di bibir kalau bunga untuk tabungan itu memang terlalu kecil.

Semakin lama waktu deposito dan semakin besar nominal uangnya, akan semakin menguntungkan. Suku bunga atau bagi hasil deposito lebih tinggi dibandingkan jenis simpanan tabungan. Bunga atau bagi hasil setiap bank berbeda, jadi pastikan dahulu untuk menanyakan informasinya lebih element ke bank jika ingin membuka deposito. Suku bunga menjadi salah satu yang banyak dicari oleh nasabah sebagai keuntungannya menabung di bank.

Menabung di bank

Orang-orang pun juga mulai jeli dalam memilih financial institution dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan tiap-tiap financial institution. Dengan begitu, orang-orang bisa memilih pelayanan financial institution berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan tren. Saldo minimal buat didaftarkan ke SISKOHAT sebesar Rp 25,5 juta atau sesuai dengan ketentuan Kementerian Agama. Meski begitu, bukan berarti uang yang kamu tabung gak beranak pinak lho. Pasalnya kamu tetap akan mendapatkan keuntungan berdasarkan dari nisbah atau bagi hasil yang dihitung dari pendapatan bank .

Batas penarikan tunai per hari Rp 5 juta, belanja Rp 10 juta, switch Rp 10 juta, dan transfer antar financial institution Rp 10 juta. Rekening giro atau present account adalah salah satu produk perbankan berupa simpanan dari nasabah perseorangan ataupun badan usaha dalam rupiah ataupun mata uang asing. Yang membedakan rekening giro dengan tabungan adalah penarikan uang hanya bisa dilakukan menggunakan warkat cek atau bilyet giro pada jam operasional bank. Kamu juga akan diberikan petunjuk mengenai cara menabung di financial institution tersebut, baik melalui setoran langsung ke teller, melalui switch dana, atau setoran tunai through ATM. Ketika kita menabung di financial institution, maka hal lain yang bisa kita rasakan adalah kemudahan transaksinya.

Namun demikian, terdapat beberapa ketentuan, misalnya, biaya switch, tarik tunai, serta pembayaran melalui rekening tabungan dan biaya lainnya yang bisa ditentukan oleh masing-masing financial institution. Biasanya nasabah dapat membuka tabungan dengan setoran awal sekitar Rp20.000, Rp50.000, atau lebih tinggi tergantung jenis tabungan yang dipilihnya. Tentu saja nominal tersebut tidak terlalu berat sehingga siapapun dapat menabung guna menciptakan perilaku gemar menabung dan hemat. Misalnya dengan membuka rekening kamu mendapatkan hadiah liburan ke Bali atau Hong Kong. Maka dari itu banyak orang yang berlomba-lomba menabung di bank lantaran ingin mendapatkan hadiah.

Umumnya, bunga/bagi hasil tabungan lebih kecil dibandingkan investasi seperti deposito. Tidak sedikit orang-orang yang menabung di financial institution karena tergiur dengan bunga atau bagi hasil yang ditawarkan financial institution. Bayangkan saja jika kamu menabung dalam jangka waktu lama dan nominal kamu semakin besar maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan. Sudah pasti lebih aman menabung di bank dibandingkan di celengan atau bahkan di bawah kasur seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang jaman dahulu.

Aplikasi PonselAplikasi mudah untuk melihat informasi terkini, merencanakan dan mengelola keuangan. Orang zaman dahulu mungkin meletakkan uang di bawah kasur atau memiliki brankas sendiri yang ditanam di lantai rumah, pernah dengar? Sehingga Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu berapa banyak uang yang harus disiapkan untuk setoran awal. Dengan kata lain, Parents dapat memilih ingin memiliki program tersebut atau tidak.

Setiap pembukaan rekening tabungan baru oleh nasabah, financial institution akan memberikan buku tabungan dan kartu debit atau yang dikenal juga dengan kartu ATM. Namun, ada beberapa jenis produk tabungan yang tidak dilengkapi dengan fasilitas kartu ATM. Oleh sebab itu, jika nasabah ingin mendapatkan fasilitas kartu ATM, maka harus cermat dalam memilih produk tabungan.

Misalnya tabungan khusus dana darurat di financial institution BUMN A, tabungan buat DP rumah di bank asing B, dan tabungan haji disimpan di bank syariah C. Aman dari berbagai jenis risikoSelain kemungkinan terpakai, menabung atau menyimpan uang di rumah juga cenderung tidak aman. Kamu nggak bisa menghindari risiko yang disebabkan oleh hal-hal tak terduga, seperti kebakaran atau kerampokan. Sama dengan bank konvensional, simpanan nasabah di bank syariah dijamin keamanannya oleh Lembaga Penjaminan Simpanan .

This entry was posted in Aplikasi Peduli Lindungi. Bookmark the permalink.