Ideas Menabung Agar Terhindar Dari Perilaku Konsumtif

Dengan menabung, kita mengajarkannya bahwa uang harus dihargai dan menjauhkannya dari sifat menghambur-hamburkan uang. Guna membantu anak-anak supaya rajin menabung, Anda bisa mencoba memberi contoh menabung dan berinvestasi. Dengan alokasi tabungan yang dipotong rutin, memaksa seseorang harus bisa sabar atau menahan diri dari membeli barang yang bukan prioritas.

Hal ini dilakukan agar sejak usia dini, anak – anak yatim sudah terbiasa menabung dan terbiasa datang ke bank untuk menabung dan melakukan transaksi lainnya. BPR NBP 34 – Berbicara tentang mengajarkan perencanaan keuangan kepada anak, bisa jadi gampang-gampang susah. Jika orang tua sendiri tidak memiliki keinginan untuk mengajarkannya maka anak yang akan menjadi korban, kelak jika dewasa akan tumbuh menjadi pribadi yang boros dan tidak punya perencanaan keuangan yang baik. Salah satu cara mengelola uang sejak dini adalah melalui kegiatan menabung.

Jadikan ajang belajar menabung ini sebagai kebiasaan yang menyenangkan. Cara menabung dengan cepat untuk anak sekolah bukan hal yang sulit dilakukan. Supaya anak rajin menabung, orangtua harus menjadi contoh yang baik dengan melakukan hal yang sama. Perilaku konsumen pada saat itu yang masih banyak belum membiasakan diri untuk menabung pada akhirnya mulai berubah dan berpikir pentingnya menabung untuk masa depan yang lebih baik. Sebenarnya, faktor lain yang membuat banyak milenial yang enggan menabung karena punya pikiran yang terlalu jauh tentang biaya hidup. Mereka berpendapat bahwa tabungannya tidak akan cukup untuk membeli rumah di masa depan.

Faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi salah satunya adalah investasi. Investasi merupakan sebuah kegiatan menanam modal dalam jangka waktu cukup lama dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan. Selain itu, investasi merupakan sebuah langkah awal untuk membangun perekonomian. Maka dari itu, dengan berinvestasi Anda dapat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jika mengandalkan kartu kredit untuk membiayai gaya hidup, hentikan kebiasaan kredit mahal dengan menabung sebelumnya untuk pembelian Anda.

Pentingnya menabung

Menabung atau disimpan maka akan semakin baik menyimpan sejumlah uang agar dapat digunakan di kemudian hari jika diperlukan. Dengan begitu, mereka jadi memiliki gambaran perihal pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Untuk mendukung penerapan menabung dengan menggunakan metode Kakebo, mereka juga akan menyimpan seluruh struk belanjaan. Setelah mengalihkan pengeluaran ke empat kategori tersebut, mereka baru akan mencatat secara rinci berapa uang yang dapat disisihkan untuk ditabung.

Jadi, anggap kita menabung dengan membayar pajak pribadi, dan pindahan uang itu selama bertahun-tahun, simpanan kecil 500 ribu sampai sejuta akan berubah menjadi puluhan juta rupiah. Setiap kali kita menghabiskan lebih banyak dari biasanya, cobalah untuk meng-audit diri sendiri. Cobalah menarik laporan rekening bank 3-6 bulan terakhir dan mulai mencari biaya yang tidak perlu. Misalnya, dengan me-review aplikasi online seperti Gojek atau Grab, apakah memang perlu, padahal harusnya kita bisa berjalan kaki. Atau mungkin makan dan nongkrong di dua restoran yang mahal di minggu yang sama. Lihat pengeluaran kita 3-6 bulan ke belakang dan tetapkan pengeluaran yang realistis.

Untuk menekankan konsep disiplin, kamu bisa memberi tantangan kepada diri sendiri untuk secara rutin menabung dalam nominal tertentu setiap bulan. Misalnya, biasakan menyisihkan sejumlah nominal tertentu di tabungan setiap bulannya. Dengan begini maka kamu akan terbiasa dan disiplin dalam menyisihkan uang. Menabung dapat digunakan untuk mempersiapkan masa depan, baik masa depan diri sendiri atau anggota keluarga. Mempersiapkan masa depan tersebut dapat dalam hal pendidikan atau kesehatan.

Dengan mengajarkan cara seperti itu, maka kita telah mengajarkan mereka bahwa berinvestasi merupakan hal yang penting yang harus dilakukan sejak dini. Merdeka.com – Bagi sebagian orang, menabung tentunya masih sulit untuk dilakukan. Alasannya adalah berbagai kebutuhan hidup dan keinginan yang ingin dicapai biasanya membuat terlena untuk menabung dan memikirkan cara berinvestasi yang seharusnya dilakukan sejak kecil. Anak-anak umumnya belajar tentang cara mengelola keuangan dari orangtuanya. Jadi, secara tidak langsung orangtua adalah inspirasi anak untuk memulai menabung dan menangani uang dengan memerhatikan orangtua mereka. Dengan pensiun dini tentu pendapatan Anda tidak sebanyak saat masih bekerja, bukan?

Sesuai dengan filosofi pakemnya sejak dulu, menabung yakni mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk kebutuhan masa depan, baik kebutuhan yang sudah terencana maupun kebutuhan mendesak. Saat ini menabung sudah meluas sembari berinvestasi seperti menabung emas, menabung saham, hingga menyimpannya di reksadana atau membeli surat utang dari uang yang disisihkan. Manfaat menabung tak hanya menyehatkan secara finansial, namun juga menyehatkan dari sisi psychological. Manfaatnya juga tak terbatas usia, beragam keuntungan menabung berlaku bagi orang dewasa maupun anak-anak. Saat tidak memahami berapa jumlah uang yang diperlukan saat memasuki masa pensiun, maka biasanya Anda cenderung santai dan tidak berusaha menyisihkan uang untuk disimpan.

This entry was posted in Aplikasi Peduli Lindungi. Bookmark the permalink.