Gisela Cindy Terangkan Pentingnya Passive Income Saat Menabung

Selain ancaman kesehatan, ancaman finansial pun menjadi salah satu dampak dari pandemi termasuk bagi generasi milenial. Hal ini membuat generasi milenial harus lebih bijaksana dalam keuangannya dan mempersiapkan dana darurat, yang bisa dikumpulkan dengan menabung. Jika anak sudah memahami konsep uang dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah memberikan penjelasan tentang manfaat menabung untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan buah hati sehingga anak lebih mudah memahaminya.

Menabung bukan perkara jumlah atau nominal uang saja, melainkan kebiasaan yang dilakukan sejak dini. Dengan begitu akan mempermudah aktivitas tersebut hingga menjadi manfaat di masa depan. [newline]Kendati tak mudah, namun jika Anda berkomitmen untuk menabung maka tak ada kata tidak mungkin. Ini dapat digunakan untuk berlibur kapan pun Anda mau, meninggalkan pekerjaan dan kembali ke sekolah untuk berganti karier, memulai bisnis atau berinvestasi. Sebab, menabung butuh kesabaran dan kemampuan menahan diri untuk membeli sesuatu dengan dana yang kita miliki. Menabung berarti memiliki cadangan uang untuk menghadapi situasi apapun, termasuk bencana atau musibah. Nggak dapat dimungkiri, keadaan darurat bisa menimpamu kapan aja, tanpa sinyal terlebih dulu.

Para milenial juga harus memiliki pemahaman yang baik dalam pengelolaan keuangan, termasuk untuk produk berbasis invetsasi. Oleh karena itu, penting bagi para peserta didik meningkatkan kesadaran menabung dan meningkatkan kemampuan literasi keuangan. Dengan begitu peserta didik dapat menerapkan dan mampu mengambil keputusan dengan tepat sekaligus mempertanggungjawabkan atas keputusan keuangan yang dibuatnya. Tidak perlu tergesa-gesa dalam memberikan pemahaman tentang uang, karena tingkat pemahaman anak tentu berbeda. Jadi, kamu harus menyesuaikannya dengan usia dan kemampuan buah hatimu dalam memahami penjelasan. CommBank Mobile juga dilengkapi dengan fasilitas pembayaran QR yang merupakan bagian dari Quick Response Code Indonesia Standard untuk memudahkan nasabah melakukan pembayaran secara cepat dan mudah.

Pentingnya menabung

Milenial sebenarnya bisa mulai melirik untuk berinvestasi di Reksa Dana. Selain bekerja keras dan mengumpulkan uang selama masa produktif, ada hal lain yang perlu kamu persiapkan untuk dana pensiun. Apa pun bentuk investasi yang kamu pilih, kamu wajib memahami betul seluk-beluknya termasuk karakter resiko investasi tersebut. Tahap pertama yang harus kamu siapkan sebelum mulai mengumpulkan dana pensiun yaitu menentukan target umur yang tepat untuk pensiun. Misalkan target pensiun kamu di umur 60 tahun dan saat ini sedang berada di rentang usia 20 sampai 30 tahun, berarti kamu memiliki waktu untuk mengumpulkan dana pensiun selama 30 sampai forty tahun. Pada jangka waktu produktif itu, mulailah untuk menabung dana pensiun.

Karena dari kebutuhan inilah akan muncul berapa jumlah pengeluaran kita nanti. Lakukan perhitungan secara rinci mengenai berapa yang dibutuhkan untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan, transportasi, listrik, air, perawatan hunian, serta tanggungan, dan sebagainya. Hitung pula berapa biaya pengeluaran yang akan dialokasikan untuk rekreasi dan hal-hal yang menyangkut gaya hidup. Semakin dekat dengan masa pensiun, nilai rasio ini harus makin besar karena inflasi merupakan suatu hal yang gak bisa kita hindari. Makanya, mumpung masih muda dan produktif, manfaatkan waktu yang ada untuk mengumpulkan aset dan dana pensiun supaya masa tua jadi aman dan tentram.

Ya, menabung dengan konsisten ternyata membangun kebiasaan menepati janji. Pada prinsipnya, ketika kita berkomitmen untuk rajin menabung, maka kita berjanji kepada diri sendiri untuk melakukan sebuah praktik perencanaan keuangan yang sederhana. Manfaat yang satu ini tidak hanya dirasakan oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Cobalah biarkan anak Anda membeli suatu barang yang ia inginkan dari sisa uang jajan yang telah ia sisihkan. Dengan begitu, anak Anda akan belajar untuk memilah dan menyesuaikan kapan ia bisa membeli barang-barang yang ia inginkan menggunakan hasil tabungannya. Terkadang, orang-orang mempertanyakan cara menabung agar cepat banyak untuk anak sekolah.

This entry was posted in Aplikasi Peduli Lindungi. Bookmark the permalink.