Cari Untung Dari Saham, Lebih Baik Capital Gain Atau Dividen?

Photo by Markus Spiske / UnsplashApakah anda sering mendengar kalimat saham blue chip? Bagi sebagian orang yang sering bersinggungan dengan dunia investasi, pasar modal dan sejenisnya tentu tidak akan aneh mendengar kalimat tersebut. Bagi mereka yang baru saja memulai berinvestasi saham maka saham blue chip dapat menjadi pilihan yang baik.

Dan dalam jangka panjang, saham ini dapat memberikan keuntungan maksimal. Perusahaan rokok pesaing Gudang Garam, Sampoerna juga tergolong dalam saham blue chip. Sampoerna memiliki produk andalannya yang sangat legendaris, Dji Sam Soe. Perusahaan ini ternyata berada di bawah PT Philip Morris International Inc yang merupakan perusahaan rokok internasional terkemuka dengan produk populer, Marlboro. Perusahaan BUMN milik Indonesia yang bergerak di bidang transportasi dan distribusi gas bumi ini juga layak untuk dibeli.

Anda ingin menanamkan investasi di pasar modal sebagai investor saham? Pastikan sebelum terjun, Anda memahami pengertian dan jenis saham, serta cara menganalisis saham setidaknya analisis basic maupun teknikal. Jenis saham ini paling stabil saat kondisi ekonomi bergejolak karena tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro maupun situasi bisnis secara umum. Ilustrasinya jika terjadi resesi ekonomi, maka harga saham ini tetap tinggi, di mana emitennya mampu memberikan dividen yang tinggi. Hal ini bisa terjadi sebagai akibat dari kemampuan emiten dalam memperoleh penghasilan yang tinggi pada masa resesi.

Harga saham blue chip per lembar relatif lebih tinggi dibanding saham di lapis kedua dan ketiga. Untuk itu, modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi di saham blue chip juga relatif lebih tinggi. Oleh sebab itu, di saat ini ketika harga saham sedang turun, investor memiliki kesempatan untuk mengoleksi saham blue chip dengan harga lebih terjangkau.

Tapi juga harus melihat resiko kerugian dari bermain saham yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Tak ayal keuntungan ini membuat banyak perusahaan milik pemerintah berbondong-bondong memasuki Bursa Efek Indonesia lewat IPO. Tercatat memiliki 6 lini bisnis mulai dari otomotif, teknologi informasi, infrastruktur, hingga jasa keuangan, maka tak heran jika PT. Dipandang sebagai salah satu saham blue chip terbaik yang menjanjikan. Informasi adalah salah satu hal yang wajib diketahui dan merupakan menu sehari-hari di pasar modal. Informasi dalam pasar modal sangat penting dalam menggerakkan dan menarik investor.

Membeli saham bluechip

Walau demikian, Anda perlu ingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki risiko. Memiliki saham bluechip bukan berarti Anda bisa bersantai dan tidak melihat pergerakannya di Bursa Efek. Penjelasan mengenai risiko bluechip akan dibahas di poin selanjutnya. Pernyataan bahwa saham bluechip lebih untung memang ada benarnya. Nilai dividen yang ditawarkan bluechip lebih besar dari saham kebanyakan.

Selain mencicipi produk lezat dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, yaitu Indomie, kamu juga bisa, lho, sembari mencicipi saham blue chip-nya. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor yang menjadi komitmen BRI, yaitu memberikan memberikan kredit pada usaha kecil seperti UMKM. BRI juga sering melakukan inventory break up yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat terhadap saham ini. Karena selain melalui web site resmi bank pilihan kita, pengajuan pinjaman juga bisa dilakukan melalui website Cekaja.com. Pengajuan pembuatan tabungan saat ini.bisa dilakukan dengan lebih mudah, bahkan bisa dilakukan dari rumah secara on-line. Selanjutnya, Anda dapat menyetorkan deposito awal pada RDN tersebut.

Mirip dengan blue chip, saham jenis ini memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi, sebagai petinggi di industri sejenis dan dikenal sebagai perusahaan yang mempunyai reputasi tinggi. Padahal para ahli investasi terkemuka dunia menyatakan “berinvestasilah dan Anda akan menjadi kaya, bukan sebaliknya.” Fakta itu memang tidak salah, keuntungan dari dividen sangat bergantung terhadap jumlah saham yang dimiliki. Semakin besar kepemilikannya, potensi pendapatan yang dimiliki juga makin tinggi. Beberapa aksi korporasi yang bisa menggerakkan harga saham antara lain, akuisisi dan merger, rights concern, pinjaman utang ke bank atau obligasi, pembagian dividen serta aksi korporasi lainnya.

Jika kita memiliki ilmu mengenai sesuatu yang akan kita lakukan, maka hal tersebut akan semakin mudah kita jalankan. Jangan berani berinvestasi dengan ilmu kosong karena justru kerugian yang akan kamu dapatkan. Banyak dari media sosial akun yang membagi ilmu terkait investasi saham. Investasi jangka panjang biasanya memiliki resiko yang rendah dan juga lebih menguntungkan.

This entry was posted in Aplikasi Peduli Lindungi. Bookmark the permalink.