Apa Itu Wirausaha? Bagaimana Cara Menjadi Wirausaha Sukses?

Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai menganalisa target pasar. Meski ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun, jika ia tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan. Jika kamu menjadi seorang pengusaha di tahun 2019 ini akan mengajarkanmu untuk belajar berbagai keterampilan khususnya dalam mengelola bisnis. Kamu secara tidak langsung akan terus menerus meningkatkan skill mu di bidang advertising, iklan berbayar, media sosial, serta keterampilan lainnya. Sebagai kaum millenial, banyak anak-anak muda yang bercita-cita menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha.

Setelah meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke Bali, ia bekerja sebagai tukang sapu di sebuah resort. Selang beberapa lama ia pun diangkat menjadi satpam karena dianggap memiliki etos kerja yang bagus. Selama itu, ia juga memanfaatkan waktunya untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Menurut tim peneliti dari Duke, Akron, dan California Selatan, ada lebih dari 95% pengusaha di industri dengan pertumbuhan tinggi memiliki setidaknya gelar sarjana. Seorang entrepreneur, kamu memiliki tanggungjawab penuh atas kemajuan bisnis yang dijalankan. Apapun yang terjadi pada bisnis tersebut semuanya tergantung pada dirimu sendiri. Karena itulah dibutuhkan karakter mandiri agar segala hal yang terjadi pada bisnismu bisa diselesaikan dengan baik.

Yaitu memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya. Ia harus bersikap sebagai pedagang, industriawan, pengusaha, eksekutif yang bersungguh-sungguh dan tidak setengah hati. Memang ada banyak hal yang harus dikerjakan ketika menjalankan bisnis. Namun, bisa dibilang bahwa waktu Anda menjadi lebih fleksibel, karena Anda sendiri yang menentukan jam kerja Anda. Contohnya, Facebook mengubah cara kita berinteraksi melalui media sosial. Go-Jek menghadirkan layanan ojek on-line yang memudahkan masyarakat untuk mencari alat transportasi roda dua.

Menjadi seorang enterpreneur

Namun, hal ini terkadang menjadi hal yang sulit lantaran banyaknya kompetitor yang bersaing untuk memperebutkan posisi yang dilamarnya tersebut. Nah, hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa Anda perlu untuk menjadi seorang entrepreneur sejak dini di bidang usaha tertentu. Berbeda dengan entrepreneur yang umumnya dikenal sebagai pelaku usaha yang menjalankan, sementara untuk entrepreneurship yakni suatu cara atau strategi yang dilakukan dalam mengembangkan usaha di pasaran. Seorang yang memiliki usaha atau akan membuka usaha harus terus menganalisa perkembangan dari usaha yang dijalaninya. Jika kamu ingin menjadi orang yang sukses, tentu kamu perlu memiliki sifat yang satu ini.

This entry was posted in Aplikasi Peduli Lindungi. Bookmark the permalink.