2020 Akan Berakhir, Lembaran Baru Akan Datang, Akankah Kondisi Inflasi Membaik?

Pada akhir Desember, vaksinasi dilakukan untuk siapa saja yang menginginkannya, dan pandemi dianggap berakhir pada Agustus 2010. Kepala Bagian Penyakit Menular di Universitas Maryland Upper Chesapeake Health, Faheem Younus mengatakan sulit untuk memprediksi akhir wabah corona, sebab ini merupakan jenis virus baru. Sementara Pakar Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia , dr Syahrizal Syarif mengatakan wabah corona akan berakhir jika tidak ada kasus yang tercatat hingga 28 hari ke depan. Pada tahun fiskal 2019 yang berakhir 31 Maret, Emirates melaporkan kenaikan laba 21 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tapi, perusahaan menyebutkan, pandemi Covid-19 telah mengganggu kinerja kuartal keempat, hingga harus meningkatkan utang pada kuartal pertama untuk mengurangi dampak virus ke arus kas. Ketiga, resiko hotspot diminimalkan di tempat-tempat rentan, seperti panti jompo.

“Orang sering tinggal berdekatan dan infeksi bisa menyebar dengan cepat,” kata Dr. Zeynep Eralp. Orang-orang di pegunungan tidak suka pergi ke rumah sakit, jadi “kita harus pergi ke mereka,” tambahnya. Beragam pilihan kebijakan ditempuh untuk menghadang laju penyebaran, mulai dari penerapan bodily distancing, hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar di berbagai daerah yang terpetakan sebagai episentrum penyebaran. Pemerintah juga memberlakukan larangan mudik menjelang hari raya Idul Fitri .

Mengapa Covid tidak berakhir, dan membaik

Walaupun sejumlah negara telah mulai proses vaksinasi, tapi proses vaksin memakan waktu berbulan-bulan dan masih penting bagi setiap orang untuk memakai masker dan menjaga jarak sosial sampai tercapai kekebalan kawanan. Lalu, apa yang harus kita persiapkan untuk mrlakukan kebiasan adaptasi baru dalam kegiatan kita sehari-hari ? Secara pribadi, persiapkan psychological untuk menerima segala perubahan kebiasaan yang akan terjadi. Semua orang diminta berperilaku hidup sehat dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang selama ini sering didengungkan.

Ahli kesehatan seluruh dunia menyarankan orang sakit COVID-19 dengan gejala ringan untuk tinggal di rumah dan melakukan isolasi diri. Perawatan di rumah dapat menghentikan penyebaran COVID-19 dan membantu melindungi orang-orang yang berisiko tinggi. Dalam masa-masa sulit ini, layanan rawat inap rumah sakit harus diprioritaskan untuk orang-orang yang mengalami sakit serius saja. Terlepas dari berbagai opsi kebijakan yang ditempuh, pemerintah Indonesia, seperti halnya pemerintah di negara lain, belum bisa memprediksi secara akurat kapan pandemi ini akan segera berakhir. Salah satu harapan terbesar agar pandemi ini bisa segera ditanggulangi adalah penemuan vaksin yang sedang diupayakan oleh berbagai ilmuwan di dunia. Namun demikian, seperti yang disampaikan oleh World Health Organization , temuan vaksin diperkirakan paling cepat dapat terlaksana pada 2021.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa Stimulus kebijakan moneter akan dilanjutkan pada 2021, stabilitas nilai tukar rupiah secara fundamental, dan mekanisme pasar akan terus dijaga untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Serta memberikan beberapa stimulus kebijakan moneter terhadap pemulihan perekonomian untuk menjaga stabilitas ekonomi dan menopang pertumbuhan ekonomi agar bertumbuh dengan baik dan berdaya tahan. Sebagai duta vaksin, Rizal mengajak seluruh elemen masyarakat mengampanyekan pelaksanaan vaksinasi.

“Biasanya saya dan suami senang mengajak teman2 berkunjung ke rumah kami untuk makan beramai-ramai dan major board game. Sejak kami semua social distancing, komunikasi dengan teman-teman hanya sebatas via Whatsapp group chat,” katanya. Makanya, untuk merayakan berakhirnya wabah virus corona nanti, dia pengen banget langsung mengadakan kumpul-kumpul lagi seperti biasanya. Tiara Kemala Suci, Affiliate Marketing Associate Klook, mengaku sebelum pandemi covid-19 terjadi, tiap weekend dia suka banget eksplor kafe dan restoran untuk menemukan makanan yang menarik. Itulah yang pengen banget ia lakukan lagi setelah wabah virus corona ini berakhir. Menurut analisis Widyar, pandemi tidak akan bertahan bertahun-tahun di Indonesia.

“Pada 2020, arus investasi langsung asing international anjlok 38 persen dari tahun sebelumnya menjadi USD846 miliar atau level terendah sejak 2005,” kata Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan . Pria yang pernah menjadi Tim Pakar Nasional penanggulangan virus SARS di China pada 2003 silam ini melanjutkan, jika masih ditemukan kasus, maka perhitungan 28 hari dimulai dari ketika kasus tersebut ditemukan lagi dan seterusnya. Oleh karena itu, Sheikh Ahmed menambahkan, pihaknya telah mengambil berbagai langkah manajemen yang agresif. Selain itu, langkah-langkah lain yang diperlukan untuk melindungi bisnis Emirates sembari merencanakan pembukaan bisnis apabila pandemi sudah mereda.

This entry was posted in Aplikasi Peduli Lindungi. Bookmark the permalink.